Berita Populer, Kesehatan, Foto Artis, Naskah drama, Sinopsis, Resep kue, lagu terbaru, Fashion, Kata mutiara, Harga mobil dan Hp

Rabu, 05 Agustus 2015

10 Kawasan Hutan di Indonesia yang Sering Mengalami Kebakaran

10 Kawasan Hutan di Indonesia yang Sering Mengalami KebakaranBelakangan ini sering sekali tersiar kabar di televisi mengenai kebakaran hutan di Indonesia. Jika dibanding tahun kemarin, memang untuk 2015 kali ini hutan-hutan di Indonesia mengalami kebakaran yang cukup parah. Hal ini terjadi tidak lain karena musim kemarau yang cukup panjang. Namun ada juga beberapa oknum tertentu yang menganggap kebakaran hutan di Indonesia itu disengaja.
10 Kawasan Hutan di Indonesia yang Sering Mengalami Kebakaran
Kebakaran Hutan
Sebenarnya kebakaran hutan di Indonesia bukanlah sebuah fenomena yang baru, tetapi tahun 2015 ini nampaknya akan menjadi sebuah sejarah yang cukup besar bagi bangsa Indonesia. Hutan mana sejakah yang sering terbakar? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

10 Kawasan Hutan di Indonesia yang Sering Mengalami Kebakaran

1. Riau
Riau menjadi kawasan ladang dan hutan yang cukup luas sekali. Sudah banyak sekali para pengusaha ladang sawit yang melakukan bisnis mereka disini. Namun Riau kerap sekali mengalami musibah kebakaran, terutama ketika musim-musim kemarau panjang telah tiba.

2. Jambi
Hampir setiap tahunnya hutan-hutan yang ada di Jambi mengalami kebakaran. Beberapa menganggap kebakaran yang ada di kawasan tersebut terjadi karena unsur kesengajaan oknum tertentu yang ingin membuka lahan.

3. Kalimantan Selatan
Kalimantan memang sudah terkenal memiliki hutan yang cukup lebat, hampir 70 % wilayah disana berupa hutan. Namun keberadaan hutan-hutan tersebut sekarang menurun cukup drastis, terutama untuk kawasan Kalimantan Selatan.

4. Kalimantan Tengah
Selain Kalimantan Selatan, Kalteng juga menjadi daerah langganan kebakaran hutan. Tercacat 3 tahun terakhir hutan di Kalimantan Tengah berkurang cukup drastis.

5. Kawasan hutan lereng Gunung Slamet
Meskipun tahun 2015 ini kawasan hutan lereng Gunung Slamet belum mengalami musibah kebakaran, tetapi tahun kemarin kawasan tersebut telah menjadi langganan amukan si jago merah.

6. Sumatera
Pemerintah mencatat kebakaran yang ada di kawasan Sumatera cukup besar yakni sekitar 11,4 juta herktare untuk tahun 2014 kemarin. Kondisi seperti ini akan semakin diperparah lagi dengan adanya kemarau panjang di tahun 2015.

7. Sulawesi
Sama halnya dengan Kalimantan dan Sumatera, Sulawesi juga menjadi kawasan yang sering menjadi langganan kebakaran hutan. Tercatat tiga tahun terakhir ini daerah tersebut telah mengalami kebakaran hutan seluas 8,9 hektare.

8. Maluku
Daerah selanjutnya adalah Maluku. Pemerintah mencatat sejak tahun 2013 kemarin hutan di Maluku berkurang sebesar 4,3 hektare. Berkurangnya hutan di daerah tersebut terjadi karena kemarau panjang.

9. Pulau Bali
Pulau Bali selalu mendapatkan ambukan si jago merah setiap tahunnya. Sejarah mencatat sejak tahun kemarin daerah tersebut sudah mengalami kebakaran hutan seluas 1,1 juta hektare.

10. Nusa Tenggara
Nusa Tenggara tidak hanya menjadi daerah langganan kebakaran hutan saja, namun kawasan ini sering mengalami pencurian kayu-kayu yang ada di hutan. Bahkan kondisi tersebut diperparah lagi dengan adanya krisis air akibat kemarau saat ini.

baca juga Daerah yang mengalami kekeringan terparah di Indonesia

10 Kawasan Hutan di Indonesia yang Sering Mengalami Kebakaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kuli Bitcoin