Berita Populer, Kesehatan, Foto Artis, Naskah drama, Sinopsis, Resep kue, lagu terbaru, Fashion, Kata mutiara, Harga mobil dan Hp

Rabu, 05 Agustus 2015

10 Daerah di Indonesia yang Mengalami Kekeringan Terparah

10 Daerah di Indonesia yang Mengalami Kekeringan TerparahTiga bulan terakhir ini Indonesia mengalami fase kekeringan yang cukup meresahkan warga. Hampir semua wilayah di Indonesia mengalami kekeringan. Apabila dilihat dari citra satelit Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika belum nampak sebuah awan culumus diatas negara Indonesia. Dimana awan inilah yang berpotensi menurunkan air hujan.
10 Daerah di Indonesia yang Mengalami Kekeringan Terparah
Daerah di Indonesia yang Mengalami Kekeringan Terparah saat Musim Kemarau
Kondisi kemarau sebenarnya sudah sering dihadapi warga negara Indonesia, terlebih negara kita sendiri berada di kawasan tropis. Namun para ahli memprediksi kemarau tahun 2015 kali ini akan sangat panjang dari pada tahun-tahun sebelumnya. Berikut ada sekitar 10 daerah di Indonesia yang mengalami kekeringan terparah tahun 2015.

10 Daerah di Indonesia yang Mengalami Kekeringan Terparah

1. Gunung Kidul, Jawa Tengah
Kecamatan Gunung Kidul termasuk kedalam wilayah langganan kekeringan setiap tahun, namun untuk tahun ini kemarau sangat dirasakan oleh warga sekitar. Sebab selain kering, infrastuktur untuk mendapatkan air bersih di Gunung Kidul masih kurang memadai.

2. Lampung
BNPB mencatat tahun 2015 ini Lampung menjadi daerah yang mengalami kekeringan cukup parah. Disini warga sangat sulit mendapatkan air bersih hanya untuk sekedar mandi.

3. Jawa Tengah
Selain Gunung Kidul, daerah di Jawa Tegah lainnya seperti Wonogiri, Klaten, Blora, Rembang, Pati, dan lainnya juga mengalami imbas kekeringan yang cukup parah. Sarwa Pranama, kepala BNPB mengungkapkan tahun 2015 menjadi tahun kekeringan terparah di Jateng dan sekitarnya.

4. Jawa Barat
Daerah Jawa Barat tidak hanya mengalami krisis air bersih saja, namun daerah tersebut juga mengalami kekeringan lahan yang cukup parah. Beberapa petani khususnya padi tidak mampu menanam bibit mereka.

5. Jawa Timur
Berbicara mengenai kekeringan, Jatim tidak pernah luput dari survey BNPB. Daerah ini sudah sejak pertengahan Juli 2015 yang lalu tidak menanam padi di sawah. Selain itu beberapa sumber air lainnya juga tidak keluar.

6. Sumatera Selatan
Hampir disetiap daerah di Sumatera mengalami krisis kekeringan air dan pangan, terutama untuk Sumatera Selatan. Akibatnya para warga mengganti tanaman padi dengan tanaman musim kemarau.

7. Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Barat termasuk kedalam daerah yang sulit mendapatkan air. Terlebih untuk musim kemarau panjang seperti sekarang ini seakan air untuk minum saja tidak ada.

8. Nusa Tenggara Barat
Selain NTB, NTT juga menjadi langganan musim kemarau terparah untuk beberapa tahun terakhir ini. Khusus di tahun 2015, NTT mendapatkan imbas kekeringan yang cukup memprihatinkan.

9. DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta)
Berdekatan dengan Jawa Tengah, DIY menjadi daerah yang tidak bisa luput dari masalah kekeringan. Bahkan kekeringan kali ini termasuk kekeringan paling parah di Jogja sejak beberapa tahun terakhir.

10. Riau
Daerah Riau memiliki banyak sekali ladang dan perkebunan. Di musim kemarau ini para pemilik ladang sangat khawatir apabila hasil panen mereka terbakar. Karena kemarau kali ini menurut mereka yang paling parah.

10 Daerah di Indonesia yang Mengalami Kekeringan Terparah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kuli Bitcoin